AJIBLOG

Menulis Blog Adalah Salah Satu Hobi Saya di Waktu Luang dan Sebagai Catatan Eksperimen Tentang Informasi dan Teknologi , Silahkan Share , Subscribe dan Komen Jika Anda Suka Artikel saya ini, anda juga dapat menuliskan masalah yang anda alami pada saat mengikuti artiker diatas pada kolom komentar dibawah ini

Kamis, 26 Februari 2015

Mengistall Jibas(Jaring Informasi Bersama Antar Sekolah) di Ubuntu 12.04

JIBAS singkatan dari Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah. JIBAS lahir dari visi "Kebersamaan untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia".

Misi JIBAS adalah membangun jaringan informasi dan komunitas pendidikan yang bisa mewadahi interaksi dan aktifitas setiap elemen pendidikan dari siswa, guru, orang tua, sekolah,yayasan, pemerintah dan masyarakat umum.
Singkat kata, jaringan yang dibentuk JIBAS akan menggabungkan fitur dan layanan berupa komunitas + konten + informasi + hiburan, mirip gabungan Facebook + Google + Yahoo + Wikipedia tetapi khusus untuk pendidikan Indonesia.

Jaringan ini bersifat terbuka dan tumbuh mandiri. Terbuka artinya, berbagai pihak dapat ikut serta mengembangkan dan menyediakan layanan pendidikan bagi komunitas yang terbentuk. Tumbuh mandiri maksudnya, jaringan
komunitas ini berkembang dari aktifitas dan interaksi dari setiap anggotanya. 


Salah satu wujud  JIBAS yaitu sistem informasi manajemen sekolah yang membantu operasional sekolah mulai dari akademik, keuangan, perpustakaan, pelaporan dan interaksi guru-siswa. Diharapkan, sistem ini dapat membantu sekolah mengatur, mengelola dan merapikan datanya. Dengan demikian, data ini menjadi informasi yang mengalir dan bermanfaat bagi berbagai pihak yang berkepentingan. Tentunya, hal ini dapat menjadi salah satu nilai tambah dari layanan komunitas pendidikan yang dibentuk. Karena Yahoo, Facebook, Google dan Wikipedia, dan berbagai layanan yang diberikan situs lainnya berasal dari kerapihan dan keteraturan data. 
Sistem ini dipasang secara lokal di sekolah jadi memudahkan sekolah untuk menggunakannya. Secara berkala, data operasional sekolah ini ditransfer secara online atau offline ke basis data JIBAS pusat.
 Jadi, bagi sekolah yang berada di daerah atau belum memiliki fasilitas Internet memadai, masih dapat terhubung ke jaringan JIBAS. Dari basis data JIBAS pusat inilah kemudian dibentuk layanan komunitas, informasi sekolah dan konten pendidikan yang dapat diakses oleh berbagai elemen pendidikan, dari mulai siswa, guru, orang tua, sekolah, yayasan, pemerintah dan masyarakat umum. 

Website Resmi : www.jibas.net
Download Jibas : http://jibas.net/content/download/download.php
Sumber Informasi Installasi Jibas: http://forum.jibas.net/viewtopic.php?f=9&t=555
Error Yang Sering Muncul di Linux(Ubuntu , Debian , Linux Mint) : http://www.jibas.net/forum/viewtopic.php?f=9&t=93&start=40

Langkah Awal kita harus siapkan adalah pemasangan webserver jika belum ada webserver masuk terminal ketik perintah dibawah:

         sudo apt-get install apache2 php5 libapache2-mod-php5 mysql-server phpmyadmin

Buka file /etc/php5/apache2/php.ini. Periksa short_open_tag dan


simpan keluar dan jangan lupa #service apache2 restart
pastikan tidak ada error


Langkah-Langkah Mengistall Jibas:

1.masuk ke terminal masuk sebagai root dengan perintah "sudo su"
2.masukan perintah 'nautilus' dan akan muncul nautilus seperti dua gambar dibawah:

3.cari file jibas yang anda download tadi pindahkan atau copy file ke "file system /var/www"




4.ekstrak file jibas tadi yang di /var/www/



5.setelah ekstrak muncul folder jibas dengan nama yang cukup panjang untuk mempermudah ganti nama menjadi lebih pendek seperti jibas



6.setelah rename silahkan close nautilus dengan klik tanda silang di linux masing-masing, anda akan kembali ke terminal silahkan anda pindah folder ke /var/www/ dengan perintah di terminal "cd /var/www/"


7.berikan hak akses untuk folder jibas dengan perintah :
     
      chown -R www-data:www-data jibas/
      chown -R www-data:www-data jibas/jibas

      chown -R www-data:www-data jibas/filesharing

      chmod -R 755 jibas/
      chmod -R 755 jibas/jibas

      chmod -R 755 jibas/filesharing


8.restore(import) database jibas yang disertakan dalam downloadan jibas tadi. Misalkan username dan passwordnya mysqlnya adalah root dan lali. Masuk dulu ke folder yang ada file jibas_db.sql yaitu di jibas masukan perintantah "cd jibas"


9.restore database tadi dengan mengetikan perintah di terminal tadi yaitu (loading cukup lama)

      mysql -u root -p < jibas_db.sq

Masuk ke Mysql dengan perintah "mysql -u root -p" anda memasukan password lalu masukan query / perintah | GRANT ALL PRIVILEGES ON *.* TO `root`@`%` IDENTIFIED BY 'password anda'; | kemudian query muncul ok dan terahir masukan query / perintah | quit; |


10. edit file Konfigurasinya dapat dilakukkan di folder jibas/include/database.config.php dengan mudah dengan perintah di terminal "gedit jibas/include/database.config.php"


11.gambar dibawah merupakan konfigurasi standar


12.gambar setelah diedit yang diedit yaitu meliputi :

$db_host='localhost:3306';
$db_user='root';
$db_pass='lali';
$db_name='jbsakad';
13.silahkan buka browser masukan "localhost/jibas"

untuk informasi lebih lanjut monngo gabung di forum nya di http://forum.jibas.net/index.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Footer Ads

Like , Comment , Follow Blog Saya ...

Label

LinuxMint/Ubuntu (73) BLC-Telkom (33) Kegiatan (26) Debian (23) Tool (17) Kumpulan Tugas (12) Mikrotik (10) CentOS7 (8) Coding PHP (7) CentOS6 (6) Google (6) IDE (3) IPFire (3) Raspberry PI (3) github (3) NodeJS (2) Virtualisasi (2) Windows (2) GIS (1) Vuejs (1)

Contact us

Nama

Email *

Pesan *