AJIBLOG

Menulis Blog Adalah Salah Satu Hobi Saya di Waktu Luang dan Sebagai Catatan Eksperimen Tentang Informasi dan Teknologi , Silahkan Share , Subscribe dan Komen Jika Anda Suka Artikel saya ini, anda juga dapat menuliskan masalah yang anda alami pada saat mengikuti artiker diatas pada kolom komentar dibawah ini

Selasa, 12 April 2016

Install NetData (Real-Time Monitoring App) di Raspbian Jessie - Raspberry Pi 2 B

NetData adalah daemon app yang mengumpulkan data secara realtime (per detik) dan menyajikan sebuah situs web untuk melihat dan menganalisis mereka. Presentasi juga real-time dan penuh grafik interaktif yang tepat membuat semua nilai yang dikumpulkan.
Aplikasi Ini telah dirancang untuk diinstal pada setiap sistem, tanpa mengganggu aplikasi yang berjalan di atasnya:  
  • Ini hanya akan menggunakan beberapa siklus CPU cadang (cek Performance).   
  • Ini akan menggunakan memori Anda menginginkannya memiliki (periksa Persyaratan Memory).  
  • Setelah dimulai dan sementara berjalan, itu tidak menggunakan disk I / O, selain penebangan kayu (periksa Log Files). Tentu saja menghemat DB untuk disk ketika keluar dan beban itu kembali ketika mulai.


Anda dapat menggunakannya untuk memantau semua sistem dan aplikasi. Itu akan berjalan pada Linux PC, server atau perangkat embedded.

Keluar dari kotak, ia datang dengan plugin yang mengumpulkan metrik sistem kunci dan metrik aplikasi populer.

Web-Resmi Dari NetData ada di GitHubnya : https://github.com/firehol/netdata 
Dokumentasi Resmi Installasinya : https://github.com/firehol/netdata/wiki/Installation

Langkah-Langkah Installasi :
1. Masuk Ke Terminal dan Masuk Sebagai SUper User (#)
2. Masukan Perintah dibawah ini untuk mengistall beberapa aplikasi depensi atau kebutuhan netdata secara manual, dengan perintah
#apt-get install zlib1g-dev gcc make git autoconf autogen automake pkg-config
3. Clone Bash Installer dari gitnya dengan perintah 
#git clone https://github.com/firehol/netdata.git --depth=1
4. Masuk ke folder netdata yang telah anda clone dengan perintah 
#cd netdata
5. Eksekusi bash installer dengan perintah 
#./netdata-installer.sh
Script netdata-installer.sh akan membangun netdata dan menginstalnya pada sistem Anda.
Jika Anda tidak ingin menginstalnya pada direktori default, Anda dapat menjalankan installer seperti ini: ./netdata-installer.sh --install /opt. yang satu ini akan menginstal netdata di /opt/netdata.
Setelah installer selesai, file /etc/netdata/netdata.conf akan dibuat (jika Anda mengubah direktori instalasi, konfigurasi akan muncul di direktori itu juga).
Anda dapat mengedit file ini untuk mengatur opsi. Salah satu pilihan yang umum untuk men-tweak adalah history, yang mengontrol ukuran database memori netdata akan menggunakan. Secara default adalah 3600 detik (satu jam dari data pada grafik) yang membuat netdata menggunakan sekitar 10-15MB RAM (tergantung pada jumlah grafik terdeteksi pada sistem Anda). Periksa Persyaratan Memory.
Untuk menerapkan perubahan yang Anda buat, Anda harus me-restart netdata.


6. Jika Sudah Selesai maka anda dapat langsung menjalankan netdata dengan perintah #netdata , lalu setelah itu anda dapat membuka web browser dan mengakses netdata melalui port 19999 , sebagai contoh http://localhost:19999 , seperti gambar dibawah ini



netdata tidak langsung berjalan ketika komputer/server anda hidup maka anda haru menjalankanya secara manual dengan perintah #netdata atau jika anda ingin aplikasi ini berjalan secara otomatis di server anda ketika dihidupkan-ulang maka anda dapat mengikuti langkah berikut , #nano /etc/rc.local , masukan "/usr/sbin/netdata"diata exit 0 lalu keluar dan simpan dengan cara tekan ctrl+x kemudian y lalu tekan enter , maka secara otomatis netdata akan hidup ketika komputer anda dihidupkan ulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Footer Ads

Like , Comment , Follow Blog Saya ...

Label

LinuxMint/Ubuntu (73) BLC-Telkom (33) Kegiatan (26) Debian (23) Tool (17) Kumpulan Tugas (12) Mikrotik (10) CentOS7 (8) Coding PHP (7) CentOS6 (6) Google (6) IDE (3) IPFire (3) Raspberry PI (3) github (3) NodeJS (2) Virtualisasi (2) Windows (2) GIS (1) Vuejs (1)

Contact us

Nama

Email *

Pesan *