AJIBLOG

Menulis Blog Adalah Salah Satu Hobi Saya di Waktu Luang dan Sebagai Catatan Eksperimen Tentang Informasi dan Teknologi , Silahkan Share , Subscribe dan Komen Jika Anda Suka Artikel saya ini, anda juga dapat menuliskan masalah yang anda alami pada saat mengikuti artiker diatas pada kolom komentar dibawah ini

Minggu, 18 Mei 2014

Mengistall Webmin Di ubuntu 12.04

Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Unix-like , walaupun versi terbaru juga dapat diinstal dan berjalan pada Windows . Dengan itu , adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi , seperti pengguna , kuota disk, layanan atau file konfigurasi , serta memodifikasi dan mengendalikan aplikasi open source , seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL . 

Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server . Standarnya TCP port 10000 untuk berkomunikasi , dan dapat dikonfigurasi untuk menggunakan SSL jika OpenSSL diinstal dengan tambahan yang dibutuhkan Perl Modules.
Hal ini dibangun di sekitar modul , yang memiliki antarmuka ke file konfigurasi dan server Webmin . Hal ini membuat mudah untuk menambahkan fungsi baru . Karena desain modular Webmin , sangat mungkin bagi siapa saja yang tertarik untuk menulis plugin untuk konfigurasi desktop .
Webmin juga memungkinkan untuk mengendalikan banyak mesin melalui antarmuka tunggal , atau login yang mulus pada host webmin lain pada subnet yang sama atau LAN .
Webmin terutama dikodekan oleh Australian Jamie Cameron dan dirilis di bawah lisensi BSD .

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Webmin


Langkah-Langkah Mengistall  webmin :

 
1.Download paket webmin di webmin.com
pilih  Debian Package
 2.setelah download ingat lokasi directori-nya
3. ada beberapa dependencies yang harus anda install yaitu buka terminal masuk sebagai root dengan perintah "sudo su" masukan password dan install dengan perintah :

apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python

4.setelah selesai jika tanpa error langsung masuk ke folder tempat anda menyimpan webmin.deb tadi masukan perintah

dpkg -i webmin_1.680_all.deb

tunggu proses dan jika sudah selesai tanpa error jika error silahkan komentar

silahkan cek atau buka  di browser dengan https://localhost:10000/ atau https://$ipserver:10000/


semoga bermanfaat jika ada error monggo komentarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Footer Ads

Like , Comment , Follow Blog Saya ...

Label

LinuxMint/Ubuntu (73) BLC-Telkom (33) Kegiatan (26) Debian (23) Tool (17) Kumpulan Tugas (12) Mikrotik (10) CentOS7 (8) Coding PHP (7) CentOS6 (6) Google (6) IDE (3) IPFire (3) Raspberry PI (3) github (3) NodeJS (2) Virtualisasi (2) Windows (2) GIS (1) Vuejs (1)

Contact us

Nama

Email *

Pesan *