AJIBLOG

Menulis Blog Adalah Salah Satu Hobi Saya di Waktu Luang dan Sebagai Catatan Eksperimen Tentang Informasi dan Teknologi , Silahkan Share , Subscribe dan Komen Jika Anda Suka Artikel saya ini, anda juga dapat menuliskan masalah yang anda alami pada saat mengikuti artiker diatas pada kolom komentar dibawah ini

Minggu, 04 Mei 2014

Panduan Instalasi Microsoft Office 2007 di Linux (Ubuntu)

Langkah-langkah instalasi Microsoft Office 2007 pada Sistem Operasi Linux ini saya tulis untuk memenuhi kebutuhan Tugas.
Terkait dengan hal itu, saya menerima permintaan untuk membuat langkah-langkah instalasi MS Office 2007 di Ubuntu karena banyak user mengeluhkan selalu gagal ketika mengikuti petunjuk hasil googling di beberapa situs/blog IT. Apa panduan ini pasti berhasil? hehehe.. nggak janji ,tapi setidaknya langkah-langkah ini berhasil pada laptop saya sudah dimigrasikan ke Ubuntu ;)

LANGKAH-LANGKAH

 

  1. Saya asumsikan pada Ubuntu Anda sudah terinstall Wine. Dalam tutorial ini, saya menggunakan Wine 1.2.2. Buka Wine Configuration (Configure Wine)
  2. dengan mengetikkan perintah winecfg pada terminal. Anda akan disambut oleh tab Applications. Klik tab Libraries. Pada menu drop-down New overide for library, tambahkan " msxml3, riched20, rpcrt4 usp10".
    {image: Wine Configuration - Libraries}
    Wine Configuration - Libraries
  3. Buka terminal dan masukan perintah "sudo su"
  4. Install cabExtract dengan perintah berikut: "sudo apt-get install cabextract"
  5. Bukalah terminal Anda, kemudian download dan jalankan Winetrics dengan perintah berikut (tidak perlu menggunakan sudo):
    1. wget http://www.spyrozone.net/playground/sh/winetricks.sh 
    2. chmod +x winetricks.sh 
    3. ./winetricks.sh
  6. {image: Download and Run Winetricks}
    Download and Run Winetricks
  7. Jendela Winetricks akan muncul sebagaimana terlihat pada gambar berikut:
    {image: Winetricks GUI}
    Winetricks GUI
    Beri centang pada:
    • corefonts
    • tahoma
    • dotnet20
    • vb2run
    • vb3run
    • vb4run
    • vb5run
    • vb6run
    • vcrun2005
    • wsh56
    Klik [OK]. Proses download dan instalasi akan segera berlangsung.
  8. Setelah proses instalasi pada langkah 4 selesai, Install Microsoft Office Anda. Masukkan CD MS Office, klik kanan ada file Setup.exe lalu klik Open With Other Application -> Windows Program Loader.
    {image: MS Office 2007}
    MS Office 2007
    Lakukan langkah-langkah instalasi seperti biasa.
  9. Apabila proses instalasi MS Office 2007 sudah selesai, cobalah membuka Aplikasi-aplikasi Microsoft Office dengan klik Applications ->Wine ->Programs ->Microsoft Office
    {image: MS Office 2007}
    MS Office 2007 di Linux
Sumber : Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Footer Ads

Like , Comment , Follow Blog Saya ...

Label

LinuxMint/Ubuntu (73) BLC-Telkom (33) Kegiatan (26) Debian (23) Tool (17) Kumpulan Tugas (12) Mikrotik (10) CentOS7 (8) Coding PHP (7) CentOS6 (6) Google (6) IDE (3) IPFire (3) Raspberry PI (3) github (3) NodeJS (2) Virtualisasi (2) Windows (2) GIS (1) Vuejs (1)

Contact us

Nama

Email *

Pesan *