AJIBLOG

Menulis Blog Adalah Salah Satu Hobi Saya di Waktu Luang dan Sebagai Catatan Eksperimen Tentang Informasi dan Teknologi , Silahkan Share , Subscribe dan Komen Jika Anda Suka Artikel saya ini, anda juga dapat menuliskan masalah yang anda alami pada saat mengikuti artiker diatas pada kolom komentar dibawah ini

Selasa, 04 Oktober 2016

Pemrograman C di Linux Mint 17.3 menggunakan Code::Blocks IDE, Pengenalan Code::Blocks


Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.
Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.



Pustaka (seringkali dirujuk sebagai library), adalah kumpulan fungsi-fungsi yang terkandung dalam satu file, Setiap file pustaka mempunyai satu Header file yang menyimpan cetak biru dari fungsi-fungsi yang terkandung dalam file pustaka.
Bahasa C seringkali dipakai untuk membuat file-file pustaka yang menyimpan fungsi-fungsi tertentu, dikarenakan C dapat dikompile menjadi bahasa mesin yang sangat cepat dan kecil ukurannya, kemudian bahasa pemrograman lain seperti Python yang akan menciptakan antar-muka dari fungsi-fungsi yang dikandungnya.
Pustaka yang paling sering dipakai adalah Pustaka Standar C, yang berisi fungsi-fungsi standar yang berasal dari ANSI C. Pustaka standar ini sekarang telah terkandung dalam hampir setiap kompiler C yang dipakai.

Berikut ini adalah contoh program sederhana yang akan mencetak kalimat "Hello, World!" dengan menggunakan pustaka stdio.h (ANSI C):

#include <stdio.h>
     int main(void) {
         printf("Hello, World!\n");
         return 0;
     }


C++ pada awalnya disebut sebagai "C dengan Kelas" (C With Classes) dan diciptakan untuk memiliki fitur pemrograman berorientasi objek. Karena C++ berdasarkan dari C, maka kebanyakan kode C bisa dirakit di kompilator C++ dengan mudah. Perbedaan kecil contohnya kata "new" dan "delete" yang terdapat di kode C tidak bisa dirakit di C++ karena kata-kata ini adalah kata dipesan C++. Pustaka C biasanya bisa diimpor ke pustaka C++, tapi karena kompilator C dan C++ memiliki "name mangling" yang berbeda, maka perubahan kecil di kode C perlu dilakukan.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/C_(programming_language) https://id.wikipedia.org/wiki/C_(bahasa_pemrograman)

Lalu Bagaimana anda dapat mencoba pemerogrmam C di Linux ?, anda dapat memcoba mengistall code::Blocks , ini merupakan salah satu aplikasi IDE di linux yang paling cocok untuk pemerograman C, anda dapat menginstallnya menggunakan perintah
#apt-get install codeblocks
 atau mengistallnya melalui synaptic atau software manager berikut tampilan codeblock setelah anda install dan membukanya


Berikut Langkah langkah memulai awal penulisan kode pemrograman C sebagai berikut silahkan ikuti langkah langkah berikut ini :

1. Klik "Create A New Project" , Maka akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini,


2. Klik Pada Files , Kemudian Klik C/C++ source, Klik Go seperti gambar dibawah ini


3. Kemudian akan keluar kotak dialog seperti dibawah ini anda tinggak klik next seperti gambar dibawah


4. Maka akan muncul dialog selanjutnya tinggal anda pilih C untuk pemrograman bahasa C , Klik C , Kemudian Klik next


5. Lalu anda akan diminta untuk memilih lokasi menyimpanan file source c yang akan anda buat ingat bahwa anda akan menulis dalam bahasa c maka extensi file yang akan anda simpan harus berextensi *.c , seperti gambar dibawah silahkan anda klik pada bagian "..." titik tiga kemudian anda diminta memilih lokasi penyimpanan dan mengisi nama file seperti gambar dibawah ini ,


isikan nama dan klik save

6. Kemudian anda dapat Klik Finish pada kotak dialog dan anda siap untuk mulai menulis kode C anda ,

Seperti gambar diatas saya sedikit menulis kode untuk "Hello World" atau kode pertama yang dapat anda coba dan jalankan maka akan seperti ini hasilnya

Keterangan :
Untuk menjalankan program yang telah anda tulis anda harus meng-compile-nya dulu dengan meng-klik icon 
compile di bagian toolbar atas dan klik pada 
 untuk menjalankanya atau anda dapat mengklik ikon ,
 untuk meng-compile sekaligus menjalankannya

Tutorial Selanjutnya Tentang C Klik Disisni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Footer Ads

Like , Comment , Follow Blog Saya ...

Label

LinuxMint/Ubuntu (73) BLC-Telkom (33) Kegiatan (26) Debian (23) Tool (17) Kumpulan Tugas (12) Mikrotik (10) CentOS7 (8) Coding PHP (7) CentOS6 (6) Google (6) IDE (3) IPFire (3) Raspberry PI (3) github (3) NodeJS (2) Virtualisasi (2) Windows (2) GIS (1) Vuejs (1)

Contact us

Nama

Email *

Pesan *