AJIBLOG

Menulis Blog Adalah Salah Satu Hobi Saya di Waktu Luang dan Sebagai Catatan Eksperimen Tentang Informasi dan Teknologi , Silahkan Share , Subscribe dan Komen Jika Anda Suka Artikel saya ini, anda juga dapat menuliskan masalah yang anda alami pada saat mengikuti artiker diatas pada kolom komentar dibawah ini

Kamis, 06 Oktober 2016

Menambahkan Android Emulator (Virtual Device) di Android-Studio IDE Linux Mint 17.3 / Ubuntu 14.04


AVD ( Android Virtual Device) Merupakan salah satu bagian dari android studio yaitu suatu pengelola perangkat android virtual yang digunakan untuk mencoba aplikasi yang telah kita buat secara langsung untuk dapat menjalankan sebuah virtual device
atau android virtual maka anda perlu membuatnya terlebih dahulu melalui ikun AVD Manager diatas dibagian toolbar, ikuti langkah2 dibawah ini

1. Buka Android Studio anda sampai muncul tampilan seperti dibawah ini lalu anda klik pada AVD Manager icon yang saya tandai merah pada gambar dibawah ini


2. Setelah anda klik maka akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini silahkan anda klik pada "+ Create Virtual Device"


3. Kemudian Jika anda sudah klik maka akan muncul dialog lagi seperti gambar dibawah ini anda dapat memilih tipe dan spesifikasi perangkat sesuai keinginan anda jika sudah anda dapat klik next


4. Setelah anda klik next maka akan muncul seperti gambar dibawah ini , anda akan diminta memilih os android versi berapa yang akan cocok untuk dipasang di Virtual Device anda ,



untuk dapat memilih anda harus menggingat kembali pada saat create project anda mendapatkan saran untuk penggunaan versi API android yang dapat berjalan lancar sesuai spesifikasi laptop anda seperti pada laptop saya pada gambar saya dibawah ini


maka pada laptop saya saya cari pada tab x86 Images karena berdasar kan rekomendasi untuk memilih android versi 4.3 saya memilih x86 jelly bean (lebih maju sedikit dari ICS 4.0.3)


saya juga mendapat rekomendasi untuk memilih tipe x86 karena ketika saya memilih other image saya mendapat rekondasi tersebut , juga mendapat rekomendasi untuk memilih yang sudah memiliki Google API's di dalamnya


Jika anda sudah memilih yang sesusai untuk anda silahkan anda klik " Download "


Maka akan muncul "License Agreement" Seperti diatas silahkan anda klik " Accept " , Kemudian anda klik next, Tunggu Proses Download dan installasi


Jika Sudah maka anda dapat klik pada " Finish "


Jika Versi Android anda sudah terinstall dengan baik maka anda dapat Klik Next


5. Selanjutnya akan muncul lagi pengaturan dari AVD anda dimana anda dapat mengkonfigurasi beberapa spesifikasi dari android device anda , jika anda sudah konfigurasi atau biarkan default saja anda dapat langsung klik " Finish "


6. Jika sudah selesai maka anda memiliki sebuah virtual device yang anda seperti gambar dibawab ini anda dapat memulai atau run device anda dengan klik pada simbol play hijau yang ada pada kolom action atau anda dapat mengedit lagi spesifikasi android anda dengan klik pada simbil pensil yang ada di sebelahnya


Berikut ini review dari laptop saya lama waktu nyala sekitar 5-10 menit paling lama , ketika dugunakan juga lumanya lancar walaupun tidak 100%





laptop saya hanya menggunakan Intel Celeron Dual Core 1.1 Ghz dengan RAM 4 Gb dan Bantuan SWAP 8 Gb berikut review resource laptop saya, memang saya rasa anda harus mengikuti rekomendasi dari google sendiri ketika mengistall android studio , anda dapat melihat sendiri prosesor saya susah kewalahan ketika android menyala dalam jangka panjang jika tetap saya nyalakan android studio nya maka dalam 1 jam prosesor saya akan overheating, saya sarankan anda menggunakan prosesor intel core i generasi ke 5 atau yang lebuh baru dengan kecepatan minimal 2.4 Ghz


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Footer Ads

Like , Comment , Follow Blog Saya ...

Label

LinuxMint/Ubuntu (73) BLC-Telkom (33) Kegiatan (26) Debian (23) Tool (17) Kumpulan Tugas (12) Mikrotik (10) CentOS7 (8) Coding PHP (7) CentOS6 (6) Google (6) IDE (3) IPFire (3) Raspberry PI (3) github (3) NodeJS (2) Virtualisasi (2) Windows (2) GIS (1) Vuejs (1)

Contact us

Nama

Email *

Pesan *