AJIBLOG

Menulis Blog Adalah Salah Satu Hobi Saya di Waktu Luang dan Sebagai Catatan Eksperimen Tentang Informasi dan Teknologi , Silahkan Share , Subscribe dan Komen Jika Anda Suka Artikel saya ini, anda juga dapat menuliskan masalah yang anda alami pada saat mengikuti artiker diatas pada kolom komentar dibawah ini

Sabtu, 12 April 2014

Oneye(Sistem Operasi Berbasis Web) Dan Cara install di Ubutu 12.04

Dengan berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat yang disertai dengan semakin membaiknya infrastruktur teknologi jaringan komputer, maka tidak menutup kemungkinan terjadi pertukaran data secara continue yang dilakukan melalui koneksi internet. Di lain sisi dengan hadirnya bandwith internet yang disediakan oleh provider internet yang kian membaik bahkan sudah merambah ke teknologi wireless 4G, dan lebih dari itu di beberapa negara juga sudah bisa menikmati layanan 5G tentunya dengan akselerasi load yang cepat. Disusul juga dengan semakin kompleksnya portabilitas sistem komputer yang sekarang bisa lebih handy atau bisa dipegang dengan tangan sehingga akses informasi kian mudah didapat tanpa harus menggunakan komputer PC atau desktop.
Inilah yang menyebabkan munculnya beberapa teknologi baru seperti Cloud Computing, dimana semua layanan komputer bisa dilakukan dengan mudah dan dimana saja. Cloud Computing bisa dilakukan minimal ada dua komputer dimana satu berfungsi sebagai server dan satunya lagi sebagai client, tentu atas dasar ini untuk menikmati teknologi Cloud Computing tidak harus ada koneksi internet dengan catatan layanan komunikasi dilakukan di jaringan lokal.

Definisi Cloud Computing sendiri sangat beragam namun sederhananya adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Hal ini sesuai dengan namanya yaitu Cloud yang berarti Awan atau istilahnya Internet dan Computing adalah aktifitas berkomputer.

Keuntungan Cloud Computing
  • Biaya perangkat lunak lebih terjangkau
  • Performa yang lebih baik
  • Biaya infrastruktur yang lebih ekonomis
  • Update lebih murah
  • Kompatibilitas OS
  • Kolaborasi

Kekurangan Cloud Computing
  • Koneksi internet, ini yang menjadi salah satu kendala untuk bisa menikmati layanan Cloud Computing yaitu keterbatasan pada koneksi internet walau kondisi sekarang untuk koneksi internet sudah cukup baik akan tetapi untuk beberapa daerah terpencil masih belum terambah baik oleh jaringan internet.
  • Bandwidth internet, Untuk menikmati layanan Cloud Computing ada kalanya membutuhkan koneksi yang besar karena sistem akan meload (upload, download, maupun sinkronisasi data) ke server penyedia layanan Cloud computing. Tidak hanya bandwith yang besar saja, akan tetapi dibutuhkan juga koneksi yang stabil
  • Fitur terbatas, hal ini tergantung pada penyedia layanan Cloud Computing, biasanya untuk menikmati fitur yang lebih lengkap berimbas pada biaya yang lebih mahal juga
  • Privasi dan keamanan, karena layanan Cloud Computing menggunakan internet sebagai media komunikasinya maka hal yang cukup diperhatikan adalah keprivasian data dan keamanan data itu sendiri agar tidak dicuri atau pun dimanipulasi oleh pihak yang tidak memiliki hak untuk mengakses data tersebut.
Agar lebih bisa memahami tentang salah satu contoh Cloud Computing, saya akan mencoba mengulas tentang Cloud Operating System dengan menggunakan oneye, dimana layaknya sistem operasi biasa yang dijalankan di Web Browser.

Situs Resmi Oneye: http://oneye-project.org/

Cloud Operating System Berbasis Web dengan Menggunakan Oneye
 
Oneye merupakan sistem operasi berbasis Web dan merupakan alternatif dari Eyeos yang sekarang dikenakan biaya untuk memperolehnya. Meski demikian Eyeos tetap menyajikan dukungan komunitas dengan sejumlah fitur dan beragam inovasi lainnya. Untuk bisa menikmati beragam layanan aplikasi sistem operasi Oneye, berikut persyaratan yang harus tersedia :
  1. Sistem operasi, pada spesifikasi ini saya tidak membatasi penggunaan jenis sistem operasi yang anda pakai. Namun baiknya juga anda menggunakan sistem operasi GNU/Linux dan kebetulan sistem operasi yang saya pakai adalah Ubuntu 12.04 .
  2. Terinstal WebServer, jika anda menggunakan Linux anda bisa mengunduh beberapa aplikasi Webserver seperti PHP, Apache, dan lain sebagainya.
  3. Terinstal Web Browser, tentu hal yang sangat vital karena oneye berjalan pada browser


Langkah-Langkah Mengistall Oneye:

1.Download oneye sesuai link diatas http://oneye-project.org/downloads/
2.buka terminal masuk sebagai root dengan perintah "sudo su"
3.pindahkan file oneye yang anda download tadi ke /var/www/ dengan perintah "mv oneye_0.9.0.zip /var/www"
4.sekarang silahkan anda pindah folder dengan perintah "cd /var/www"
5.ekstral oneye tadi dengan perintah "unzip oneye_0.9.0.zip"
6.berikan hak akses untuk oneye dengan perintah :
chmod 777 oneye/
chmod 777 oneye/index.html 
chmod 777 oneye/installer/
chmod 777 oneye/package.eyepackage
!peringatan untuk folder instaler pada cms ini jangan dihapus
7.buka browser masukan "localhost/oneye"
8.muncul tampilan klik continue
9.masukan password user root dan jika anda mengizinkan penguna lain untuk membuat account centang bagian yang di centang klik continue
10.muncul tampilan login silahkan dicoba-coba



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Footer Ads

Like , Comment , Follow Blog Saya ...

Label

LinuxMint/Ubuntu (73) BLC-Telkom (33) Kegiatan (26) Debian (23) Tool (17) Kumpulan Tugas (12) Mikrotik (10) CentOS7 (8) Coding PHP (7) CentOS6 (6) Google (6) IDE (3) IPFire (3) Raspberry PI (3) github (3) NodeJS (2) Virtualisasi (2) Windows (2) GIS (1) Vuejs (1)

Contact us

Nama

Email *

Pesan *