AJIBLOG

Menulis Blog Adalah Salah Satu Hobi Saya di Waktu Luang dan Sebagai Catatan Eksperimen Tentang Informasi dan Teknologi , Silahkan Share , Subscribe dan Komen Jika Anda Suka Artikel saya ini, anda juga dapat menuliskan masalah yang anda alami pada saat mengikuti artiker diatas pada kolom komentar dibawah ini

Jumat, 21 Maret 2014

Mengistall Drupal di Ubuntu 12.04

Untuk download dan install drupal anda dapat melihat cara instalasi nya dan downoad drupal di situs resmi nya yaitu di https://drupal.org/ untuk install silahkan lihat panduanya di situs resminya di https://drupal.org/documentation/install

Datang sebagai perangkat lunak, tinggal dan  berbagi untuk masyarakat

Drupal adalah CMS open source memperkuat jutaan situs web dan aplikasinya. Ini dibangun, digunakan, dan didukung oleh komunitas yang aktif dan beragam orang di seluruh dunia.

Drupal adalah paket software gratis yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengatur, mengelola dan mempublikasikan konten Anda, dengan berbagai tak berujung kustomisasi.

Drupal adalah CMS Open Source
Drupal adalah software open source dipelihara dan dikembangkan oleh komunitas lebih dari 630.000 + pengguna dan pengembang. Ini didistribusikan di bawah ketentuan dari GNU General Public License (atau "GPL"), yang berarti siapa pun bebas untuk men-download dan berbagi dengan orang lain. Model pengembangan ini terbuka berarti bahwa orang-orang terus-menerus bekerja untuk memastikan Drupal adalah sebuah platform mutakhir yang mendukung teknologi terbaru yang Web yang ditawarkan. Prinsip Drupal proyek mendorong modularitas, standar, kolaborasi, kemudahan penggunaan, dan banyak lagi.

Drupaldapat digunakan untuk membangun:
  • Portal Web Komunitas
  • Forum Diskusi
  • Website Perusahaan
  • Aplikasi Internal
  • Website Personal atau Blog
  • Aplikasi Komersial E-commerce
  • Kumpulan Sumber Informasi
  • Situs Jaringan Sosial
  • Jaringan intranet
  • Surat Kabar (Newsletter)
  • Galeri multimedia



  • Langkah-langkah mengistall Drupal:
    1.anda harus memiliki file drupal yang anda download di situs resminya,masuk sebagai root dengan  perintah "sudo su",pindahkan file drupal ke /var/www/ dengan perintah "mv drupal-7.26.zip /var/www/ , lalu anda pindah ke /var/www dengan perintah "cd /var/www/"
    2.ekstrak file drupal dengan perintah "unzip drupal-7.26.zip"

    3.sekarang anda memiliki folder dengan nama "drupal-7.26" untuk memudahkan anda nanti silahkan anda ganti nama folder nya dengan perintah "mv drupal-7.26 drupal"


    4.sekarang anda silahkan masuk ke browser anda,dan masukan alamat "localhost/drupal" atau dengan "(ip anda)/drupal"
    5.pada gambar pilih standart dan klik save and continue
    6.klik save and continue
    7.muncul masalah yaitu tiada folder tidak punya hak akses dan file yang belum ada
    8. silahkan anda masuk ke terminal yang tadi dan pidah direktori/folder lagi dengan perintah "cd drupal"
    9.lalu masalah pertama anda yaitu tidak ada folder silahkan buat folder dengan perintah "mkdir /sites/default/files"
    10 masalah kedua anda tidak adanya izin silahkan masukan perintah "chmod a+w sites/default/files/" berikan izin kedua dengan perintah "chmod go+w sites/default/files/"
    11.masalah foder selesai sekarang masalah selanjutnya silahkan kembali ke browser dan reload
    12.pemecahan masalah ke dua yaitu silahkan anda copy file dengan perintah "cp sites/default/default.settings.php sites/default/settings.php"
    13. silahkan berikan izin ke file tersebut dengan perintah"chmod a+w sites/default/settings.php" dan "chmod go+w sites/default/settings.php"
    14. kembali ke browser dan reload lagi
    15.masalah selesai silahkan anda sekarang isikan kolom-kolom tapi sebelum dapat mengisi anda buka tab baru dan silahkan anda masulkan "localhost/phpmyadmin" anda diminta login silahkan login klik database dan tuliskan nama database lalu klik create
    16.pastikan database terbuat
    17.masuk ke tab drupal tadi dan silahkan isi kolom dengan nama database yang anda buat tadi dan username database password database klik save and continue
    18.tunngu proses installasi















    19.setelah insatalasi selesai silahlan anda isikan nama website anda email anda username  anda dan password klik save and continue




    NB: untuk informasi lebih lanjut silahkan anda cari di situs resminya di https://drupal.org/documentation/install

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Footer Ads

    Like , Comment , Follow Blog Saya ...

    Label

    LinuxMint/Ubuntu (73) BLC-Telkom (33) Kegiatan (26) Debian (23) Tool (17) Kumpulan Tugas (12) Mikrotik (10) CentOS7 (8) Coding PHP (7) CentOS6 (6) Google (6) IDE (3) IPFire (3) Raspberry PI (3) github (3) NodeJS (2) Virtualisasi (2) Windows (2) GIS (1) Vuejs (1)

    Contact us

    Nama

    Email *

    Pesan *