AJIBLOG

Menulis Blog Adalah Salah Satu Hobi Saya di Waktu Luang dan Sebagai Catatan Eksperimen Tentang Informasi dan Teknologi , Silahkan Share , Subscribe dan Komen Jika Anda Suka Artikel saya ini, anda juga dapat menuliskan masalah yang anda alami pada saat mengikuti artiker diatas pada kolom komentar dibawah ini

Kamis, 13 Maret 2014

Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server ini didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server ini juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.
Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur klient/server. Contoh dari layanan ini adalah Protokol Konfigurasi Hos Dinamik, server surat, server PTH, server PTB, DNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat juga membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari klien. Sebagai contoh, klien PKHD akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan server PKHD; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server PKHD, yaitu protokol PKHD itu sendiri.
Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.
Server biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi, server data maupun server proksi. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh klien, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan klien secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proksi berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proksi. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.
Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Server 

Fisik server/spesifikasi server pada spesifikasi server tentu server adalah komputer yang melayani client selama (24jam x 7) x 52 minggu tentu membutuhkan spesifikasi yang tinngi tergantung fungsi dan guna server tersebut

OS server
server dapat menggunakan OS apasaja seperti berbagai distro linux os server dapat menggunakan  :
Debian GNU / Linux
FreeBSD
Mac OS X
NetBSD
Proyek NetMax Profesional
Novell NetWare
OpenBSD
Red Hat Enterprise Linux ES
Red Hat Linux
Sun Solaris
SUSE Linux Enterprise Server
Ubuntu
Windows 2000 Server
Windows ME
Windows NT Server
Windows Server 2003
Windows Server 2008 
 DLL

Sejarah server
Tahun 1989, Tim Berners-Lee mengajukan pada perusahaannya, CERN (European Organization for Nuclear Research) sebuah proyek yang bertujuan untuk mempermudah pertukaran informasi antar para peneliti dengan menggunakan sistem hiperteks. Sebagai hasil atas implementasi proyek ini, tahun 1990 Berners-Lee menulis dua program komputer:
  • sebuah peramban yang dinamainya sebagai WorldWideWeb;
  • server web pertama di dunia, yang kemudian dikenal sebagai CERN httpd, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP.
Dari tahun 1991 hingga 1994, kesederhanaan serta efektifitas atas teknologi yang digunakan untuk berkunjung serta bertukar data melalui World Wide Web membuat kedua aplikasi tersebut diadopsi pada sejumlah sistem operasi agar dapat digunakan oleh lebih banyak individu, ataupun kelompok. Awalnya adalah organisasi penelitian, kemudian berkembang dan digunakan di lingkungan pendidikan tinggi, dan akhirnya digunakan dalam industri bisnis.
Tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur pengembangan-pengembangan lanjut atas teknologi-teknologi terkait lainnya (HTTP, HTML, dan lain-lain) melalui proses standardisasi.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Server_web


Macam-macam Server

Client-server merupakan penyelesaian masalah pada software yang menggunakan database sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database, dengan metode Client-server database dapat diinstal pada suatu komputer sebagai server dan aplikasinya diinstal pada client.Dan untuk macam-macam jenis SERVER adalah sebagai berikut : 

1. FAX SERVER
    Fax Server di gunakan untuk melayani servis fax bagi client.Dengan adanya server fax ini,segala permintaan pengiriman
fax maupun penerimaan fax akan melalui server fax ini.Server fax ini juga di lengkapi dengan modem yang mendukung fungsi fax ini .
2. FTP SERVER
    Server ini mempunyai layanan protokol FTP.Artinya dengan adanya server FTP ini,segala permintaan FTP ( FTP merupakaan protokol untuk layanan transfer data ) akan terlaksana .
3. MAIL SERVER
    Mail server mempunyai peran untuk melayani client dalam hal mail ( surat .Surat dalam hal ini,client bisa mengirimkan pesan ke client yang lain,yang dimana surat tersebut bisa di simpan dalam server mail itu juga.Selain sebagai tempat untuk menyimpan surat,server mail juga menyediakan layanan pelengkap mail servis sebagai web interface untuk memudahkan client menulis surat dan mengorganisir surat yang di punya client .
4. DATABASE SERVER   

    Server Database,seperti namanya.Server ini melayani servis bagi client yang membutuhkan layanan penyimpan database.Dalam server database tersebut,bisa berisi ratusan ataupun ribuan database dari banyak User.Biasanya database tersebut di kelompokan atau disimpan per-user yang memakai database tersebut.Agar tidak terjadinya pencurian data .
5. PROXY SERVER  
    Proxy Server,bisa di gunakan untuk memperkuat security pada sebuah jaringan.Server ini bisa digunakan untuk memfilter permintaan servise masuk maupun keluar dari sebuah client.Dengan adanya Proxy Server ini,kita bisa memblock sesuatu IP agar bisa berkomunikasi .
6. WEB SERVER
   Server ini merupakaan server yang mungkin tidak aneh lagi didengar.Situs seperti search angine,blog,website,dll pasti membutuhkan web server agar file-file web seperti html,php,asp bisa di proses terlebih dahulu dalam web server sebelum fule tersebut di kirim ke client.Web server melayani request servis dengan protokol HTTP dan ada juga IMAP ataupun FTP .
7. TELNET SERVER
   Merupakan server yang di gunakan untuk melayani servis Telnet.Dengan adanya server ini,kita bisa melakukan remot yang kita inginkan.Sebelum kita meremot komputer,kita masuk dulu ke dalam login server telnet tersebut.Kemudian permintaan telnet di teruskan ke komputer tujuan yang di minta oleh client 
8. FILE SERVER 
   File server bisa berarti komputer yang digunakan untuk menampung data – data yang dimiliki oleh sejumlah client. Kapasitas penyimpanan server tersebut juga tergantung dari kapasitas HDD yang dimiliki oleh server tersebut. 
9. GAME SERVER 
   Game server merupakan server yang digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya. Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut. 
10. DNS SERVER 
     DNS server mempunyai kegunaan untuk servis DNS. DNS berguna untuk menerjemahkan alamat domain sebuah komputer ke dalam bentuk IP. Oleh sebab itu jika kita tidak menentukan DNS server pada settingan IP Address, maka kita akan kesulitan untuk membuka situs seperti Google, karena alamat google tersebut harus diterjemahkan dulu ke dalam bentuk IP address sebelum komputer kita bisa terkoneksi ke server google tersebut.. Sedangkan alamat IP server dns belum ditentukan oleh kita. 
11. PRINT SERVER 
     Server ini bisa digunakan untuk pusat layanan percetakan (print) bagi client. Dengan adanya server ini, segala aktivitas “print” bisa dilakukan secara bersama dan menghemat biaya hardware karena meskipun terdapat satu printer, printer tersebut bisa digunakan oleh banyak komputer. 
12. APPLICATION SERVER
     Dalam fungsinya, server ini merupakan komputer server yang digunakan untuk menjalankan suatu software applikasi. 
13. STREAMING MEDIA SERVER
     Server ini melayani servis streaming data media seperti musik, video. Servis ini memungkinkan kita dapat mengakses sebuah konten tanpa kita mendownloadnya terlebih dahulu. 
14. HOME SERVER 
     Server ini merupakan server yang khusus bagi pengguna rumah yang membutuhkan layanan seperti home entertainment. Komputer ini bisa juga ditambah layanan servis lainnya seperti printing servis, web servis, maupun file servis sebagai backup data. Sehingga komputer ini memiliki berbagai fungsi.

Hal-hal yang harus siperhatikan dalam mengistall server:
1.pilih spesifikasi hardware sesuai peruntukan nya
2.pilih OS yang mendukung spesifikasi server termasuk aplikasi yang mendukung
3.tentukan tujuan utama dan untuk kebutuhan apa server tersebut
4.pilih aplikasi yang sesuai kebutuhan server tersebut saja
5.jika dalam installasi terjadi error atau setelah selesai installasi instalasi error server harus diinstall ulang
6.pastikan didukung jaringan internet yang sesuai kebutuhan
7.rencanakan pelaksanaan sesuai target juga sesuai dengan tingkat kesulitan
8.usahakan sebelum mengistall sudah membaca referensi pada dokumen resmi dan jangan mencari tutorial sembarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Footer Ads

Like , Comment , Follow Blog Saya ...

Label

LinuxMint/Ubuntu (73) BLC-Telkom (33) Kegiatan (26) Debian (23) Tool (17) Kumpulan Tugas (12) Mikrotik (10) CentOS7 (8) Coding PHP (7) CentOS6 (6) Google (6) IDE (3) IPFire (3) Raspberry PI (3) github (3) NodeJS (2) Virtualisasi (2) Windows (2) GIS (1) Vuejs (1)

Contact us

Nama

Email *

Pesan *